Thursday 15 August 2013

Kenalan Langsung



Beberapa waktu yang lalu gue melihat sepasang paruh baya mengobrol asyik dan mesra waktu gue lagi bergaul sama temen-temen.

Beda dari ketika gue melihat pasangan muda-mudi yang mesra-mesraan disitu, kali ini gue gak kesel apalagi sirik, tapi gue merasakan hal ini adalah hal yang imut. Gue jadi kepikiran gimana awalnya mereka bisa saling kenal. Dulu kan belum ada Facebook yang bisa di-stalk buat tau informasi-informasi tentang orang itu, belum ada Twitter buat tau hal-hal apa aja yang sering dia pikirkan, belum ada Instagram supaya tau foto-foto terbaru dan apa aja yang seneng dia fotoin.

Lalu munculah satu kemungkinan: mereka kenalan secara langsung, tatap muka.

Ya memang gak selalu si cowok sebagai orang asing, nyamperin si cewek terus ngajak kenalan. Tapi bisa juga melalui teman, dikenalin, tapi tetep aja tatap muka. Gue merasa unsur manusia sebagai makhluk sosial di situ masih sangat kental.

Kemudian muncul pertanyaan dalam diri gue: Kapan lo terakhir kali ngajak cewek kenalan langsung dan tatap muka.

Mendengar pertanyaan seperti itu dari diri gue sendiri, gue merasa tertampar. Gue pertama kali -dan terakhir kali- kenalan secara langsung itu waktu SMP. Kalo gak salah waktu pulang sekolah, gue tungguin orang yang pengen gue ajak kenalan, terus pas dia lewat gue stop terus gue ajak ngobrol.
Metode kenalan gue waktu itu kurang lebih seperti ini…
Gue: “Hai, lo Kiki, ya?”
Dia: “Iya.”
Gue: “Oh, gue sering liat lo. Makanya sekarang gue nungguin lo. Gue pengen kenal sama lo. Gue Moyo.”
Dia: “Oh, iya. Gue Kiki.”
Kemudian setelah itu, gue berjalan bareng dengannya ke gerbang sekolah. Sayangnya rumah kita arahnya berlawanan. Jadi cuma sampai situ aja.

Ada beberapa hal yang gue pelajari dari pengalaman gue satu-satunya tadi, dan pengalaman temen-temen gue.

Mulai dengan Nice, bukan Sok Nice (itu sosis)
Nice di sini ini maksud gue bisa dari senyumannya, gestur, mimik mukanya, keluarin senyuman kamu yang paling nice pas ngajak kenalan. Senyuman yang paling tulus.

No Basa-Basi Basi
Ingat ini bukan lagunya Gugun Blues Shelter. Karena cewek itu makhluk yang ribet, yang gak bisa to the point, yang selalu bertele-tele dengan kode, makanya dia suka cowok yang tegas. Gak terlalu to the point, tapi tetap on the track pada tujuan. Bolehlah pake kalimat-kalimat pengantar, tapi jangan kebanyakan. Misal, “Gue pernah liat lo lagi milih buku. Suka baca juga?” Itu salah satu basa-basi yang menurut gue gak basi.

Tatap Mata Ketika Bicara
Sebenernya ini bukan cuma berlaku buat yang baru kenalan, tapi buat yang udah kenal atau lagi pedekate juga. Cewek itu paling suka kalo lagi ngomong ditatap matanya, bukan cuma diliat apalagi dilirik.

Yang Paling Penting
Semua kenalan akan sia-sia dan cuma akan jadi biang penasaran kalo abis itu gak tukeran kontak. Ini penting karena buat memperpanjang kenalan itu. Misalnya minta nomer telepon, atau minta username twitter-nya (buat di-stalk).

No comments:

Post a Comment